#Kuis Fiksi - Juni 2014 (Ramadhan Berkesan)


Selamat hari Senin Mbaks… 

Jumpa lagi… jumpa Tini kembali … *sing :D 
Mbak-mbak, seperti jadwal yang sudah disepakati, bulan ini kita akan mengadakan lomba fiksi. Nah, berhubung Ramadhan tinggal menghitung hari, asyik deh kalau kita bikin fiksi tentang Ramadhan. 

Fiksi yang diangkat bertemakan Ramadhan berkesan. Mbak-mbak pasti punya kan cerita Ramadhan yang berkesan. Misalkan saja waktu kecil. Pasti banyak cerita tentang Ramadhan waktu kecil yang berkesan, seperti puasa yang sering bolong, tidak sengaja makan waktu puasa karena lupa sedang puasa, dan sebagainya. Atau bisa juga tentang Ramdhan bersama suami untuk pertama kalinya, Ramadhan saat hamil, atau Ramadhan di tanah rantau atau di kampung halaman. Nah, semuanya bisa dikemas apik menjadi fiksi yang menarik pastinya. 

Eits, ini enggak diskriminatif. Lomba ini bukan cuma buat teman-teman yang Muslim. Teman-teman yang non-Muslim juga bisa kok ikut. Kan ini fiksi. Mbak-mbak juga bisa bercerita tentang pengalaman berada di lingkungan yang merayakan Ramadhan dan yang tentunya berkesan. Nah, gimana syarat dan ketentuannya? Simak yuk. 

1. Cerita atau fiksi terdiri dari 500-700 kata. Cerita tidak boleh mengandung unsur SARA.
2. Fiksi harus dituliskan di dalam blog masing-masing. (Dengan begini, blog-blog mbak yang hidup susah dan mati segan itu bisa punya semangat hidup lagi, hehehe…). Bagi mbak-mbak yang tidak punya blog, bisa menggunakan akun kompasiana atau akun blogdetik yang dimilikinya.  
3. Di akhir cerita atau di bagian paling bawah cerita mohon dituliskan #FiksiIIDNJogja (sekali lagi, kita perlu soundingkan IIDN Jogja)
4. Setelah itu, link blog di-posting di Group Facebook IIDN Jogja. Tuliskan #FiksiIIDNJogja saat posting link di grup. Jangan lupa untuk menandai atau tag saya (sebagai pendata) dan juga kedua juri, yaitu Enggar Murdiasih dan Liya Swandari. Mau memanggil teman-teman lain juga boleh. Dengan demikian, teman-teman lain bisa main ke blog para IIDNers.  
5. Lomba berlangsung selama 16 Juni-28 Juni 2014,  dan ditutup pada tanggal 28 Juni pada pukul 23.59. 
6. Akan dipilih 2 fiksi terbaik oleh juri. Penjurian akan didasarkan pada keunikan cerita, dan juga pengemasan cerita.  
7. Nama pemenang akan diumumkan pada tanggal 7 Juli 2014. Pemenang lomba akan mendapatkan hadiah menarik dari IIDN Jogja. Selain itu, pemenang akan mendapat kehormatan untuk mejeng di blog IIDN Jogja sebagai pemenang lomba fiksi.  
8. Keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. 

Selamat berfiksi ria mbak-mbak :) Yang belum jelas boleh kok tanya-tanya. 

Salam :-*


5 komentar:

Agustina Purwantini mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Agustina Purwantini mengatakan...

sip sip....selamat atas diluncurkannya blog IIDN Jogja iniii...jangan lupa pada mampir di blog aku juga yaa plus ninggalin komen juga...hahahaha....#sisan promo

IIDN Jogja mengatakan...

siap! Mbak Bejo :)

Anjas Wulansari mengatakan...

Sip...sip....ayo daftar anggota yang punya blog di tampilkan juga mbak admin, biar lebih mudah blog walking nya

IIDN Jogja mengatakan...

Oke mbak anjas ;D

Posting Komentar


up